Mayam Mayang Mayong

By Charlie Hartono - 8:15:00 am


Kemarin sore gw ngelewatin tempat jualan kue di trotoar Jl. Kampong Jawa Lama, Georgetown.

Tempat jualannya cuman pake tenda, tapi orang yang berhenti mampir beli lumayan banyak. Menurut gw yang buat unik tempat ini adalah susunan dan tampilan tampah-tampahnya yang sekilas mirip susunan batu bata. Ternyata kue yang disusun numpuk-numpuk di atas tampah-tampah itu namanya Putu Mayam / Puttu Mayyum. Ada juga orang yang nyebutnya Putu Mayong.

Kalo di Indonesia, ini kue sih kita kenal dengan nama Kue Putu Mayang Bihun ; warnanya ada yang hijau, putih or pink. Cuman bedanya, Putu Mayang Bihun yang Indonesia punya cara makannya dicocolin enak pake kuah santan (mirip kira kira kek makan Serabi). Nah kalo Putu Mayam yang satu ini bumbunya cukup simple sekaligus ngegelitik langit-langit mulut, yaitu cuman parutan halus kelapa dan juga brown sugar. Kalo orang Malaysia bilangnya Gula Melaka.


Om Arivagalan (kokinya sekaligus pemiliknya) bilang bahwa kue tradisional ini asalnya dari India Selatan. Dia udah dagang di daerah Kampong Jawa Lama ini sejak dari jaman ortunya dia yang merupakan perantauan Indian Tamil. Di daerah aslinya sendiri, sebutan nama kue ini adalah Idiyappam.

Lebih lanjut kata beliau, bahan-bahannya adonannya cukup simple: cuman tepung beras, garam dikit secukupnya, kelapa parut, brown sugar, telur dan daun pandan.

Setelah adonan jadi, mesti terlebih dulu di kukus sebelum dibentuk bulet2. Nah setelah jadi bulet2, itu  adonan di masukin ke alat press grinder pencetan (kata beliau harganya sekitar RM500 dan dipesan langsung dari India). Tinggal di  disawerin deh di atas tampah. Setelah itu tampah-tampah di kukus - di kurung di dalam panci yang kek topi ini.

Tinggal nunggu sebentaran 5-10 menit, lalu jadi deh kue nya siap dihidangkan dan dijual! FYI, hanya dengan RM 1 kita bisa dapet 4 tangkup kue, jadi satu genggamnya Rp 750. Murah Meriah Slurp ;p ! Santap langsung deh yok!

Image Sources:
- For Putu Mayang at Penang - Private collections
- For Putu Mayang Bihun http://www.resepmasakanku.info/wp-content/uploads/2011/07/putu-mayang-bihun.jpg

  • Share:

You Might Also Like

1 comments