86,400 detik

By Charlie Hartono - 4:29:00 am

Kita semua diberikan porsi WAKTU yang sama dalam hidup ini. 1 hari – 24 jam – 1,440 menit – 86,400 detik yang kita miliki berjalan seperti layaknya argo taksi.

WAKTU yang kita punya akan mengubah segala hal, kecuali kita. Kulit tubuh kita mungkin akan berubah keriput dan menua, namun kita belum tentu menjadi seseorang yang telah bijak memaksimalkan WAKTU.

Ketika kita tidak menetapkan sebuah tujuan dalam hidup kita, sebenarnya kita sedang bersiap untuk membayar harga yang sangaaat mahal untuk kehidupan ini. Namun, pada saat kita telah menetapkan sebuah tujuan yang jelas dan pasti menuju kepada arah tujuan tersebut, maka "argo" yang kita bayar sudah pasti akan sebanding.

Saat ini, kita telah memasuki pertengahan tahun 2013, dimana mungkin banyak dari resolusi yang sudah kita canangkan di awal tahun telah tercapai mendekati 50%, 25% hampir terpenuhi, atau bahkan belum sama sekali.

Menggunakan WAKTU dengan bijaksana adalah sebuah pilihan yang sepenuhnya ada dalam kendali kita. Apabila saat ini kita masih banyak menyia-yiakan WAKTU dengan hal – hal yang bias, maka SEKARANG-lah WAKTU terbaik kita memaknainya dengan memfokuskan diri kepada tindakan nyata yang benar – benar bermakna. 

Beberapa tips sederhana agar kita benar-benar bijak dalam menggunakan WAKTU kita:
1.
Pertama-tama dan yang terutama: tentukan dan putuskan TUJUAN hidup kita. Berdoa dengan sungguh-sungguh dan selalu serahkan semua keinginan kita dalam kehendakNya.
2. Susun jadwal dan rencana. Buatlah planning yang jelas dan realistis akan hal-hal apa saja yang dapat membawa kita menuju tujuan kita tanpa berputar-putar dengan hal-hal yang tidak jelas juntrungannya.
3. Disiplin dan komitmen. Jadwal dan rencana saja belum cukup. Dibutukan sebuah tindakan nyata untuk merealisasikan jadwal dan rencana tersebut.
4. Evaluasi.Ketika kita sudah berjalan menuju tujuan kita, bisa saja terdapat halangan di tengah jalan. Jangan menyerah dengan keadaan, menjadi kreatiflah untuk melewati segala rintangan yang menghadang.

Pada akhirnya, menjelang akhir tujuan hidup ini, masing-masing kita akan dihadapkan dengan pertanyaan-pertanyaan inti makna kehidupan.
“Apakah yang telah saya lakukan selama bergulirnya WAKTU dalam hidup ini?”
“Sumbangsih apa yang telah kita berikan – kepada diri, kepada keluarga, kepada lingkungan saya?”

Semoga, kita semua yang telah sungguh sungguh memaknai begitu pentingnya arti WAKTU dapat menjawab pertanyaan di atas dengan lantang. (CHL)


Sources:
Mazmur 90:12
Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana.
Sadarkanlah kami akan singkatnya hidup ini supaya kami menjadi orang yang berbudi. (BIS)

I Korintus 9:26
Sebab itu aku tidak berlari tanpa tujuan dan aku bukan petinju yang sembarangan saja memukul.
Therefore I do not run like someone running aimlessly; I do not fight like a boxer beating the air. (New International Version - NIV)

Efesus 5 : 15
.. dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat.
Gunakanlah sebaik-baiknya setiap kesempatan yang ada padamu, karena masa ini adalah masa yang jahat.(BIS)

Yakobus 4:15  Jika Tuhan menghendakinya, kami akan hidup dan berbuat ini dan itu.

Life is like a taxi. The meter just keeps a-ticking whether you are getting somewhere or just standing still.” - Lou Erickso

  • Share:

You Might Also Like

2 comments